BELAJAR DASAR DASAR WEB PROGRAMMING

    Assalamualaikum. Wr. Wb. Balik lagi dengan saya Rizky Maulana. Giman kabar sahabat - sahabat saya semua? Smoga kalian smua dalam keadaan sehat-sehat selalu, Aamiin. Sebelum masuk ke pembahasan tau kah kalian apa itu Web Programing? Dan apa sih manfaat kita belajar Web Programming? . Web Programing adalah proses pembuatan atau editing sebuah Programing berbentuk website yg bertujuan untuk memberikan informasi yang di butuhkan melalui internet yang dapat di akses di manapun dan kapanpun selama kita terkoneksi jaringan internet. Dan sedangkan manfaat dari belajar Web Programming adalah untuk menjadi Web Developer Profesional, dan tentu skil tersebut akan memudahkan kita untuk mencari pekerjaan dimana sekarang perusahaan - perusahaan besar memberikan syarat agar menguasai Web Programming tersebut. Sebelum Anda menjadi Web Programing Profesional ada tahapan yang harus di lalui.

Tahapan-tahapan dalam Mempelajari Web Programming


1. HTML & CSS

Tahapan awal dalam mempelajari web programming adalah menguasai HTML (Hyper Text Markup Language) terlebih dahulu. HTML merupakan suatu komponen dari pemrograman yang cukup penting untuk dipelajari bagi para web developer. Sebab, secara garis besar HTML berfungsi untuk menampilkan tulisan, link, dan garis yang menjadi komponen utama pada suatu website.
Selain HTML, penting juga bagi para web developer untuk menguasai CSS (Cascading Styles Sheet). CSS berfungsi sebagai pendukung dari komponen HTML yang telah dikembangkan. Dengan CSS, komponen HTML yang telah dibuat dapat disempurnakan dan terlihat lebih menarik. Jika Anda telah menguasai HTML dan CSS, maka Anda sudah dapat membuat website statis dengan interfaceyang menarik.

2. PHP

Apabila Anda telah menguasai HTML & CSS, maka tahap selanjutnya yang sebaiknya Anda pelajari adalah PHP. Framework ini cukup banyak digunakan oleh para web developer karena lebih mudah untuk dipelajari, dan tidak berbayar. Pada umumnya, PHP berfungsi untuk membuat situs menjadi lebih dinamis dengan cara menyisipkan logika pemrograman pada sintaks HTML yang telah dibuat. Pada situs dinamis, pengunjung dapat berinteraksi di suatu situs seperti e-commerce, media sosial, forum/komunitas, dan lain sebagainya.
Namun, sebelum mempelajari PHP sebaiknya Anda mempelajari logika pemrograman terlebih dahulu. Ini akan membuat Anda dapat melakukan pemrograman secara lebih mudah.

3. Database

Database merupakan suatu komponen yang cukup penting dalam sistem informasi. Sebab, database merupakan wadah untuk menyediakan  berbagai informasi kepada para pengguna. Oleh sebab itu, para web developer diharapkan mampu merancang database sedemikian rupa sehingga pembuatan program dapat berjalan dengan lebih cepat dan mudah.

Baca Juga: Tools Coding Paling Membantu Bagi Programmer Pemula

4. JavaScript

Javascript memiliki fungsi yang hampir serupa dengan PHP. Cara kerjanya pun juga demikian. Namun, keduanya memiliki beberapa fungsi dan sintaks yang berbeda. Javascript merupakan hal yang penting untuk dipelajari sebab antara PHP dan Javascript memiliki kekurangan dan kelebihan masing-masing. Dengan begitu, Anda dapat mengembangkan suatu situs dengan lebih mudah berdasarkan kekurangan dan kelebihan kedua bahasa pemrograman tersebut.

5. Tambahan

Jika Anda telah menguasai bahasa pemrograman yang telah dijelaskan sebelumnya, maka Anda sudah bisa disebut sebagai web developer. Akan tetapi, terdapat suatu library  yang sebaiknya Anda kuasai agar situs dapat dikembangkan dengan lebih menarik lagi. Library tersebut antara lain adalah Jquery, Ajax, React, Angular, Node, dan lain lain. Dengan library ini, Anda dapat menghadirkan animasi dan efek-efek tertentu yang dapat membuat suatu situs terlihat lebih menarik.

Baca Juga: Programmer Harus Tahu Trik-Trik Coding PHP Ini

6. Framework

Framework memiliki cukup banyak keunggulan. Oleh karena itu, framework merupakan hal yang cukup penting untuk Anda kuasai. Dengan framework, Anda dapat mengembangkan suatu situs dengan lebih mudah, cepat, aman, dan dinamis. Beberapa contoh framework diantaranya adalah Codeigniter, Zend PHP, Kohana, Panada, Yii dan lain sebagainya. Disarankan untuk mempelajari Codeigniter terlebih dahulu jika Anda seorang web developer pemula yang ingin menguasai framework. Codeigniter memiliki dokumentasi yang cukup lengkap dan mudah dipahami sehingga akan memudahkan Anda dalam mempelajari framework ini. Demikian artikel mengenai tahapan dalam mempelajari web programming, semoga dapat membantu Anda.

Contoh: aplikasi toko online berbasis web


Komentar

Postingan populer dari blog ini

MENJADIKAN SMARTPHONE KITA SCANER

MEMBUAT LOGIN FORM DI BLOGSPOT

ANDROID DARI DULU SAMPAI SEKARANG